Bakso Terenak di Jogja : Rekomendasi


May 26, 2016 Facebook Twitter LinkedIn Google+ Uncategorized


Di setiap kota, kuliner selalu menjadi daya tarik tersediri termasuk kota Jogja. Masyarakat mengenal Jogja sebagai kota gudeg. Tidak hanya bakpia dan gudek yang terkenal di Jogja, akan tetapi tersebar juga hingga ke pelosok kota Jogja kuliner bakso. Danging sapi sebagai bahan utama bakso yang enak, kenyal dan bikin ketagihan hampir pasti menjadi salah satu andalan kuliner Jogja. Di Jogja yang menjadi idola tersendiri juga adalah bakso urat. Menyantap bakso di siang hari, sore hari dan malam hari dengan campuran sambal pedas akan sangat nikmat, enak dan lezat apabila ditemani dengan es buah segar. Sajian bakso terenak dan rekomendasi di Jogja dapat kita temui di berbagai daerah kota dan kabupaten di Jogja. Baik itu di kota Yogayakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunung Kidul.

Adapun berbagai jenis-jenis bakso yang ada di Jogja adalah sebagai berikut :

  1. Bakso urat: bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasa.
  2. Bakso bola tenis atau bakso telur: bakso berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus.
  3. Bakso gepeng: bakso berbentuk pipih.
  4. Bakso ikan: bakso berbahan daging ikan
  5. Bakso udang: bakso berbahan dari udang.
  6. Bakso keju: bakso resep baru berisi keju.
  7. Bakso bakar: bakso yang diolesi bumbu khusus dan dibakar langsung (tanpa arang) dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbu oles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.
  8. Bakso kerikil : bahan daging relatif sama dengan bakso-bakso pada umumnya, namun ukuran bakso ini lebih kecil hingga disebut bakso kerikil.
  9. Bakso Balungan: bahan dasarnya tulang.
  10. Bakso Unyil: bahan dasarnya daging sapi digiling tetapi ukuran bulatannya seukuran kelereng.
  11. Bakso tahu goreng (disingkat Batagor): bahan dasarnya daging sapi; penyajian dikombinasi/dicampurkan dengan tahu goreng.
Comments