4 Kuliner Pedas Populer di Jogja


May 25, 2016 Facebook Twitter LinkedIn Google+ Uncategorized


Kuliner pedas sangat populer di Jogja, tetapi masih ada beberapa orang yang tidak suka pedas. Padahal dibalik rasa pedas kuliner yang satu ini terdapat beberapa manfaat dari makanan pedas antara lain makanan pedas dapat menghilangkan gejala flu. Kandungan Capsaicin memberi efek pedas yang membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu, capsaicin ini yang memberikan efek pedas pada lidah. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan rasa pedas dapat mengurangi gejala flu lainnya. Berikut 4 kuliner pedas yang populer di kota Jogja, yang bisa jadi referensi buat yang sedang mencari tempat makan pedas di Jogja :

Oseng-oseng Mercon

Oseng oseng kalau bahasa Indonesianya adalah tumis. Meskipun tidak semua oseng rasanya pedas. Istilah Mercon digunakan untuk mengambarkan rasa pedas yang meledak di lidah. Kuliner pedas ini biasanya dari daging sapi, tapi bisa dimodifikasi dengan ayam, tempe, tahu atau bahan lainnya. Rasa pedas kuliner ini didapat dari cabai rawit dan jahe yang digunakan sebagai bumbu. Dijamin pedasnya cabai dan pedasnya jahe membikin ketagihan.

Ayam Geprek

Geprek adalah istilah memukul dengan cobek. Ayam Geprek adalah ayam goreng pedas. Cara membuat ayam pedas ini adalah memukul mukul ayam goreng bersama dengan sambal yang pedas. Penyuka kuliner pedas pasti menyukai rasa pedasnya karena level pedasnya bisa request sesuai selera pedas. Bahkan di salah satu ayam geprek pedas populer di Jogja ada pelangan yang rutin memesan kuliner pedas ini dengan 100 biji cabai. Pedasnya dijamin nendang se pedas pedasnya.

Rica rica

Rica sejatinya berarti cabai yang identik dengan rasa pedas. Jadi tidak diragukan lagi pedasnya. Rica rica berasal dari Manado, jadi populer karena masyarakat Indonesia yang umumnya menyukai masakan pedas. Kuliner pedas ini sekarang semakin mudah dijumpai di mana mana. Rica rica yang populer di kalangan pecinta masakan pedas di Jogja adalah Entog disamping itu masih banyak lagi rica pedas dari bahan lainnya.

Sambel

Sambel atau sambal siapa yang tidak kenal kuliner pedas satu ini. Sambel yang pedas ini dinobatkan sebagai kuliner no 1 yang patut dicoba di Indonesia oleh CNN. Hampir disetiap daerah di Indonesia mempunyai kuliner pedas, sambel atau sambal dan setiap daerah mempunyai ciri sendiri tentang kuliner pedas ini, termasuk di Jogja yang sebagian besar masyarakatnya suka pedas. Sambel pedas yang populer di Jogja adalah Sambel terasi, sambel bawang, sambel tomat, dll yang pasti semuanya pedas.

Comments